undefined
undefined
undefined
Kapal Ro-Ro (Roll On - Roll Off)
Kapal Ro-Ro adalah kapal yang bisa
memuat kendaraan yang berjalan
masuk ke dalam kapal dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar dengan sendiri
juga, sehingga disebut sebagai kapal roll on - roll off atau disingkat Ro-Ro.
Oleh karena itu, kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang
dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga apung ke dermaga.
Kapal Roro selain digunakan untuk angkutan truk juga digunakan
untuk mengangkut mobil penumpang, sepeda motor serta penumpang jalan kaki.
Angkutan ini merupakan pilihan populer antara Jawa dengan Sumatera di Merak-Bakauheni, antara Jawa
dengan Madura dan antara
Jawa dengan Bali.
Jenis Kapal Ro-Ro
Kapal yang termasuk jenis RoRo antara lain:
- kapal penyeberangan/ferry yang melayani lintasan tetap seperti Lintas Merak-Bakauheni, Lintas Ujung-Kamal, Lintas Ketapang-Gilimanuk, Lintas Padangbay-Lembar dan berbagai lintas lainnya.
- kapal pengangkut mobil (car ferries),
- kapal general kargo yang beroperasi sebagai Kapal RoRo.
Kapal Ro-Ro
adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk kedalam kapal
dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar dengan sendiri juga sehingga
disebut sebagai kapal roll on - roll off disingkat Ro-Ro, untuk itu kapal
dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga
apung ke dermaga.
Gambaran yang lazim
tentang kapal
ro-ro adalah hampir selalu memiliki landasan yang besar di buritan, sering juga
memiliki empat buah landasan, landasan tersebutditempatkan hanya pada salah
satu sisinya, memiliki lambung yang tinggi dan tampak menyerupai kotak
terapung, kadang-kadang memiliki fasilitas untuk kontainer di atas dek
utamanya, dek utamanya bisa merupakan dek asli kapal ro-ro, memiliki kemapuan
menaikkan/menurunkan muatan di dek utamanya, apabila memiliki peralatan untuk
muatan, mereka memiliki krane yang sangat kuat, dan superstruktur selalu
diposisikan di kanan haluan atau kanan buritan.
Beberapa kapal ro-ro
memiliki kargo handling,beberapa yang lainnya tidak memiliki. Muatan mereka
dapat dipindahkan dari palka dan tweendecknya melalui landasan yang direndahkan
di dermaga. Muatan dapat dimuat melalui landasan tersebut dengan forklift atau
trailer/pengangkut muatan lainnya yang biasanya lebih dari satu trailer yang bersamaan.
Disuatu saat muatan dipindahkan diantara tweendeck baik menggunakan landasan
maupun forklift.
Ketika kapal memiliki
ukuran lebih kecil dibandingkan Panamax, beberapa dari mereka memuat 100 truk
pada dek utamanya. Kapal tersebuut seperti lapangan parkir berlayar. Pada
ukuran yang besar terdapat landasan. Landasan ini penting sekali dalam
menyumbang pendapatan kapal ini.
Banyak kapal ro-ro
seperti kapal baru ini yaitu Taronga dengan bobot mati 39000 ton dilengkapi
pula dengan peralatan untuk memuat general kargo sebaik memuat kontainer. Kapal
ini dapat dengan cepat mengubah peranannya dengan mengambil/memindahkan
tweendeknya dengan alat-alatnya sendiri.
Kapal feri
Feri mempunyai peranan penting dalam sistem pengangkutan bagi banyak kota
pesisir pantai, membuat transit langsung antar kedua tujuan dengan biaya lebih
kecil dibandingkan jembatan atau terowong.
Feri pejalan kaki dengan banyak pemberhentian, seperti di Venesia, kadang kala dikenali sebagai bis air atau
taksi air.
Jenis
Berbagai macam kendaraan air digunakan sebagai feri, tergantung pada jarak
perjalanan, kapasitas kapal, kecepatan yang diperlukan dan keadaan air yang
harus dilalui.
Feri ujung-ganda memiliki bagian depan dan belakang yang dapat ditukar,
sehingga feri ini dapat berlayar bolak-balik tanpa harus memutar. Feri
ujung-ganda yang terkenal termasuk Feri Pulau Staten, Feri negara bagian Washington, Feri Star. Pada 2008, Feri BC meluncurkan tiga feri ujung-ganda terbesar di dunia.
Hydrofoil
Hydrofoil digunakan karena kelebihannya untuk melaju pada
kecepatan tinggi, menggantikan hovercraft. Hydrofoil juga terbukti sebagai
solusi praktis, mudah, cepat dan ekonomis.
Hovercraft dikembangkan tahun 1960-an dan 1970-an untuk
membawa mobil. Yang terbesar adalah SR.N4. Hovercraft digantikan oleh katamaran yang hampir sama cepat tetapi lebih
tidak terpengaruh oleh keadaan laut dan cuaca.
Katamaran
Katamaran biasanya dihubungkan dengan feri kecepatan tinggi. Jalur
Stena mengoperasikan katamaran terbesar di dunia, kelas Stena HSS, antara Kerajaan Bersatu dan Irlandia. Kendaraan jet air dapat menampung 375 kendaraan penumpang dan 1.500
penumpang. Contoh katamaran lainnya adalah Feri Britani dengan Normandie Express dan Normandie Vitesse.
Feri Roll-on/roll-off adalah feri besar dan konvensional di
mana kendaraan dapat keluar masuk dengan mudah.
Feri kabel
Untuk Jarak yang dekat dapat digunnakan feri kabel, dimana feri digerakkan
dan di kendalikan dengan menggunakan kabel yang disambung di kedua sisi.
Kadangkala feri kabel digerakkan menggunakan tenaga manusia. Feri arus adalah
feri kabel yang menggunakan kekuatan arus sebagai sumber energi. Feri rantai
dapat digunakan di sungai yang berarus laju pada jarak pendek.
Feri meja-putar
Feri jenis ini memiliki platform yang dapat diputar untuk memuat kendaraan.
Feri kereta
Feri kereta adalah sebuah kapal yang dirancang untuk membawa kereta, biasanya memiliki
rel kereta.
Kapal feri seringkali berlabuh di tempat yang dibuat khusus untuk meletakkan
kapal dengan cepat dan untuk penurunan dan pengisian yang mudah, dikenal
sebagai slip feri. Jika feri membawa kendaraan atau kereta, biasanya terdapat
jambatan (ramp) yang disebut apron yang merupakan bagian dari slip.
Dalam kasus lain, jembatan apron merupakan bagian daripada feri itu sendiri.