twitter

undefined
undefined



Pengertian Aspek-Aspek Pengembangan Bahan Ajar

      a)      Aspek
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Aspek adalah sudut pandang
      b)     Pengembangan Bahan Ajar
Menurut Gatot (2008)
Pengembangan dapat dimaknai sebagai tindakan menyediakan sesuatu dari tidak tersedia menjadi tersedia atau melakukan perbaikan-perbaikan dari sesuatu yang tersedia menjadi lebih sesuai, lebih tepat guna dan lebih berdaya guna.

Hasil simpulan di atas sesuai dengan pendapat Banathy tentang pengembangan bahan ajar.
Banathy (dalam Gatot, 2008) menyatakan bahwa pengembangan bahan ajar adalah suatu proses yang sistematis dalam mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengevaluasi isi dan strategi pembelajaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara lebih efektif dan lebih efisien.
Pengembangan bahan ajar merupakan wujud pengembangan strategi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip tertentu yang diadaptasi dari teori-teori pembelajaran (Syahid, 2003). Lebih lanjut, Syahid menjelaskan bahwa pengembangan bahan ajar ini bukan hanya didasarkan atas kepentingan pengembang, melainkan merupakan altematif pemecahan masalah pembelajaran. Mahasiswa bukan hanya berinteraksi dengan dosen, melainkan juga dapat berinteraksi dengan sumber belajar yang digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Jadi, aspek pengembangan bahan ajar adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam tindakan menyediakan sesuatu dari tidak tersedia menjadi tersedia melalui proses yang sistematis dalam mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengevaluasi isi serta strategi pembelajaran yang digunakan lebih efektif dan efisien.


Aspek-Aspek Pengembangan Bahan Ajar

      a. Aspek-aspek Pengembangan Bahan Ajar Secara Umum
 
1)  Kecermatan Isi 

2)  Ketepatan Cakupan   
3)  Ketercernaan Bahan Ajar
4)  Penggunaan Bahasa
5)  Perwajahan/Pengemasan  
6)  Ilustrasi
7) Kelengkapan Komponen

b. Aspek-aspek Pengembangan Bahan Ajar Menurut Harjanto


Aspek Pengembangan Bahan Ajar Menurut Harjanto (2005: 220-221)
Didalam materi pelajaran terdapat beberapa aspek yang terkandung didalmnya, antara lain:
     1. Konsep adalah Suatu ide atau gagasan atau suatu pengertian yang umum, misalnya sumber kekayaan alam yang dapat diperbaharui
   2. Prinsip adalah suatu kebenaran dasar sebagai titik tolak untuk berpikir atau merupakan suatu petunjuk untuk berbuat atau melaksanakan sesuatu.
    3. Fakta adalah sesuatu yang terjadi atau yang telah dikerjakan/dialami. Mungkin berupa hal, obyek atau keadaan. Jadi bukan sesuatu yang diinginkan atau pendapat atau teori. Contoh: Proklamasi Kemerdekaan RI adalah tanggal 17 Agustus 1945
      4.  Proses adalah serangkaian perubahan, gerakn-gerakn perkembangan
      5.  Nilai adalah suatu pola, ukuran atau merupakan suatu tipe atau model
6. Keterampilan adalah kemampuan berbuat sesuatu dengan baik

Tujuan Pengembangan Bahan Ajar
   
Menurut Mbulu (2004:6) menyatakan ada empat tujuan, yaitu :
1. diperolehnya bahan ajar yang sesuai dengan tujuan institusional, tujuan kurikuler, dan tujuan pembelajaran,
2. tersusunnya bahan ajar sesuai struktur isi mata pelajaran dengan karakteristiknya masing-masing,
3.   tersintesiskan dan terurutkannya topik-topik mata pelajaran secara sistematis dan logis.
4. terbukanya peluang pengembangan bahan ajar secara kontinu mengacu pada perkembangan IPTEK.
 
Menurut Kemendiknas (2007) merumuskan tiga tujuan, yaitu :
a.   memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal,
b. mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik peserta didik maupun pengajar,
c.   dapat digunakan secara tepat dan bervariasi.

0 komentar:

Posting Komentar