undefined
undefined
undefined
Promosi diartikan sebagai komunikasi yang
memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa
ataupun sebuah proses membagi ide, informasi. Promosi adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh perusahaan
untuk mempengaruhi konsumen supaya membeli produk yang dihasilkan ataupun untuk
menyampaikan berita tentang produk tersebut dengan jalan mengadakan komunikasi
dengan para konsumen yang sifatnya membujuk.
Tujuan Promosi : membujuk pelanggan untuk membeli
suatu produk, untuk menyebarkan informasi produk kepada target pasar
potensial, memperkenalkan
dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen, untuk
mendapatkan kenaikan penjualan dan profit,
untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan, untuk menjaga
kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar, membedakan serta mengunggulkan
produk dibanding produk pesaing dan membentuk citra produk di mata konsumen
sesuai dengan yang diinginkan.
Jenis Promosi :
1. Informasi dari mulut ke mulut (Word of mouth)
Informasi
dari mulut ke mulut merupakan teknik promosi melalui percakapan dari seseorang
kepada orang lain untuk menyebarkan informasi dimaksud. Pelanggan
sangat dekat dengan penyampaian jasa. Promosi dari mulut kemulut ini banyak
digunakan oleh para pelaku bisnis karena murah dan tanpa biaya dan dapat
dikatakan sangat efektif.
2. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Pemasaran langsung merupakan bentuk promosi dengan cara
memasarkan barang/jasa secara langsung agar mendapat tanggapan secara langsung dari
para konsumen. Pemasaran langsung tidak
harus bertatap muka secara langsung tetapi pemasaranya ditujukan secara
langsung kepada seseorang. Pemasaran langsung ini bisa melalui penggunaan
surat, telepon, faksimil,e-mail.
3. Pemasaran langsung mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1 . Nonpublik: Hanya ditujukan kepada
orang tertentu saja seperti pemegang kartu kredit
2 . Penyesuaian isi pesan: Isi dari
informasi diteliti sehingga lebih menarik dan tidak salah sasaran
3 . Terbaru: Pesan mengikuti tren terbaru
4 . Terjadi proses interaktif: Apabila
orang yang berkaitan melakukan tanggapan maka pesan dapat diubah sehingga
infortmasi bersifat interaktif.
Manfaat pemasaran secara langsung antara lain:
1 . Belanja dapat
dilakukan oleh konsumen dirumah sehingga hemat waktu dan biaya transportasi dan
lebih nyaman;
2 . Bagi konsumen
mempunyai banyak pilihan melalui katalok yang ditawarkan (online)
3 . Konsumen dapat
memesan barang untuk sendiri dan orang lain;
4 . Konsumen dapat
mempelajari produk sebelum membeli tanpa harus menemui wiraniaga
5 . Penjual dapat menyesuaikan
pesanan sesuai kebutuhan konsumen;
6 . Pemasaran
langsung dapat diatur agar dapat menjangkau konsumen
7 . Strategi
penawaran langsung sulit dilihat oleh pesaing;
4. Iklan (Advertising)
Iklan adalah bentuk presentasi dan promosi non personal
atas ide, barang atau jasa oleh sponsor tertentu dengan menggunakan media. Media yang sering digunakan untuk
periklanan atau advertising
bisa melalui surat kabar, majalah, direct
email, televisi, radio, bioskop, papan reklame, car card, lampu-lampu, katalog, telepon. Iklan sering muncul
tergantung pada tipe dan daya tarik yang diakibatkan oleh iklan tersebut.
Tipe
iklan :
a . Price advertising, iklan tipe ini lebih menonjolkan harga yang menarik.
Contohnya:” Beli dua dapat tiga”,
“Dapatkan kemilau rambut indah hanya dengan Rp 250”
b . Brand advertising, maksudnya iklan yang tipenya lebih memberikan penekanan
perhatian tentang nama brand kepada pendengarannya. Contohnya:” Yamaha semakin di depan”
Apabila
menginginkan atau menggunakan media online,
akan sangat menguntungkan bagi
perusahaan jika menggunakan layanan iklan gratis. Banyak layanan iklan yang
menyediakan secara gratis.
Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam
penggunaan iklan sebagai berikut:
- Iklan mungkin lebih efektif jika perusahaan mengikuti trend
- Adanya kesempatan luas untuk direferensiasi produk;
- Kualitas yang tersembunyi adalah lawan dari kualitas yang dapat dilihat dan dinilai;
5. Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Public Relation adalah berbagai program untuk mempromosikan dan melindungi
citra perusahaan atau produknya. Daya tarik hubungan masyarakat didasarkan pada
tiga sifat khusus:
- Kredibilitas yang tinggi: Masyarakat pada umumnya lebih mempercayai gambaran perusahaan dari pada apa yang dilihat pada iklan;
- Kemampuan menangkap pembeli yang tidak dibidik sebelumnya: Hubungan masyarakat dapat menjangkau banyak calon pembeli terutama bagi para pembeli yang cenderung menghindari wiraniaga dan iklan;
- Dramatisasi: Hubungan masyarakat memiliki kemampuan untuk mendramatisasi suatu perusahaan atau produk. Hal ini dapat membangun kepercayaan publik.
Contoh
: sosialisasi, keramahtamahan dengan warga sekitar tempat kita menjalankan
bisnis. Masyarakat lebih percaya dengan perusahaan yang dia kenal baik dari
pada menyaksikan iklan atau kewiraniagaan.
6. Kewiraniagaan (Personal Selling).
Kewiraniagaa/Personal Selling adalah presentasi
langsung dalam suatu percakapan dengan satu atau lebih calon pembeli, untuk
mendapatkan penjualan. Tujuan kewiraniagaan
adalah :
- Mendapatkan pesanan untuk produk itu;
- Membuat agar pengecer aktif mempromosikan produk itu ditempat penjualannya;
- Membuat grosir (wholesaler) bekerja sama dengan pengusaha (manufacturer) untuk aktif menjual produk.
- Bagaimana Merekrut dan memilih wiraniaga dengan kaliber yang dikehendaki;
- Bagaimana melatih para wiraniaga baru sehingga mereka dapat melaksanakan fungsi mereka secara efektif;
- Metode gaji/imbalan apa yang akan dipakai;
- Bagaimana mengawasi orang–orang ini sehingga mereka memanfaatkan dengan sebaik–baiknya kesempatan–kesempatan yang ada didaerah mereka;
- Bagaimana menentukan wilayah di mana orang–orang beroperasi,
7. Promosi Konsumen (Hadiah, Perlombaan dan Penawaran Kombinasi)
8. Promosi Dealer/Promosi Penjualan (Sales Promotion)
9. Pameran dan Eksibisi
Pameran mempunyai manfaat antara lain:
2 . Memperkenalkan produk hasil
modifikasi
Modifikasi adalah inovasi dalam bisnis. Harapannya adalah
modifikasi suatu produk dapat memberikan manfaat baru atau manfaat tambahan
dari pada sekadar produk sebelumnya yang belum dimodifikasi.
3 . Memperkuat Citra
perusahaan
Suatu perusahaan yang telah berdiri selama beberapa tahun
dan telah mempunyai pelanggan, maka akan sangat bermanfaat jika melakukan
pameran atas produk-produknya, terutama produk baru.
4 . Mengumpulkan informasi
pesaing
Dalam pameran biasanya diikuti oleh beberapa perusahaan
baik yang sejenis maupun bermacam-macam tergantung pameran itu sendiri.
5 . Menguji penjualan anda
saat pameran
Pameran bisa digunakan sebagai cermin dari hasil
penjualan jangka pendek. Keberhasilan jangak panjang dapat diuji dengan
keberhasilan jangka pendek.
6 .
Menguji SDM dan
kekuatan teamwork
Dalam pameran kekuatan teamwork perusahaan sangat diuji, misalnya saat banyak
pengunjung yang datang. SDM itu bisa saja dari tim marketingnya atau produk.
Dalam bisnis
apapun, penting untuk memiliki sarana untuk promosi. Sebuah bisnis baru tidak
akan dapat dikenali oleh para pelanggannya jika pemilik bisnis tersebut tidak
melakukan promosi apapun untuk memperkenalkan merk dagangnya ke masyarakat
luas. Masyarakat adalah pasar, sehingga semakin banyak anggota masyarakat tahu
dan mengenal merk dagang tersebut, maka makin banyak pula kesempatan perusahaan
tersebut untuk menjual barang produksi atau jasa mereka.
Payung promosi adalah salah satu alat promosi yang banyak ditemui. Didukung
oleh cuaca tropis yang dimiliki oleh Indonesia, masyarakat Indonesia akan
selalu memanfaatkan payung baik di musim penghujan maupun musim kemarau. Hal
ini menyebabkan produk
anda selalu terpampang dan mengingatkan masyarakat untuk menjadi pelanggan
anda.
Anda dapat
memberikannya secara cuma-cuma sebagai hadiah produk, meminta masyarakat untuk
membeli sebagai bonus paket produk, memberikannya kepada penjual produk anda
sebagai bonus atau malah diberikan sebagai sarana untuk mempercantik toko
penjual produk anda, dan berbagai strategi lainnya.
Alat-alat Promosi Penjualan
Alat-Alat promosi penjualan menurut Kotler dan
Amstrong (2004:662-666) adalah sebagai berikut:
1. Contoh produk (sample) adalah tawaran produk
sejumlah tertentu produk untuk percobaan
2. Kupon adalah kertas yang diberikan kepada
pembeli ketika mereka menggunakan produk yang sudah ditentukan menjadi setengah
harga.
3. Tawaran pengembalian uang (rabat) seperti
kupon kecuali pengurangan harga terjadi setelah pembelian bukannya di gerai
eceran.
4. Kemasan dengan harga potongan (price packs) menawarkan
kepada konsumen penghematan dari harga regular produk. Potongan harga diberikan
oleh produsen secara langsung dan
ditempel dilabel atau kemasan.
5. Bingkisan (premium) adalah barang yang
ditawarkan secara gratis atau dengan harga rendah sebagai insentif untuk
membeli produk, yang berkisar mulai dari mainan yang dimasukan kedalam produk
anak-anak sampai kartu telepon, compact disc, dan CD-ROM computer.
6. Barang iklan khusus (advertising specialties)
adalah barang yang berguna yang dicetaki nama pemasang iklan yang diberikan
sebagai hadiah kepada konsumen. Barang khusus tersebut mencakup pena, kalender,
gantungan kunci, korek api, tas belanja, T-Shirt
7. Hadiah pelanggan (patronage reward) adalah
uang tunai atau hadiah lain yang ditawarkan atas penggunaan regular produk atau
jasa tertentu perusahaan.
8. Promosi dititik penjualan
(point-of-purchase-POP) mencakup pameran dan demonstrasi yang terjadi dititik
pembelian atau penjualan.
9. Kontes, undian berhadiah dan permainan
(contests, sweeptakes, and games) memberi kesempatan kepada pelanggan untuk
memenangkan sesuatu, seperti uang tunai, perjalanan, barang
10. Diskon langsung (allowance) biasanya potongan
yang besar perbungkus sebagai imbalan atas kesepakatan pengecer karena
menampilkan produk pabrikan dalam cara tertentu
11. Tunjangan adalah Uang promosi yang dibayarkan
oleh pabrik kepada pengecer sebagai imbalan atas kesediaan pengecer menampilkan
produk pabrik dalam cara tertentu.
12. Kontes penjualan (sales comtest) dalah kontes
bagi tenaga penjualan atau dealer untuk memotivasi peningkatan penjualan mereka
selama satu periode tertentu.
Bauran promosi
a. Periklanan
unsur periklanan:
1)
Presentasi umum; Banyak pihak menerima pesan yang sama dan motif pembelian
telah diketahui serta dimaklumi oleh umum.
2) Tersebar secara luas; penjual mengulang pesan berkali-kali, menerima dan membandingkan pesan dari kompetitor.
2) Tersebar secara luas; penjual mengulang pesan berkali-kali, menerima dan membandingkan pesan dari kompetitor.
3)
Ekspresi yang lebih kuat; dramatisasi terhadap produk dan perusahaan itu
sendiri terbuka untuk dilakukan melalui media percetakan
4) Tidak
bersifat personal; konsumen tidak dipaksa harus membeli karena komunikasi yang
terjadi bersifat monolog.
b. Promosi penjualan
Manfaat promosi penjualan :
1) Komunikasi; promosi penjualan biasanya menarik perhatian dan memberikan informasi yang diharapkan dapat mengarahkan konsumen untuk membeli produk bersangkutan.
2) Insentif; bentuk promosi penjualan memadukan sejumlah unsur kebebasan, dorongan, atau kontribusi yang diarahkan untuk memberi nilai tambah bagi konsumen.
3) Ajakan; promosi penjualan merupakan ajakan agar transaksi penjualan dapat terjadi saat itu juga.
4) Responsif; promosi penjualan dapat dilakukan ketika terjadi peristiwa-peristiwa khusus yang dapat dimanfaatkan perusahaan dalam menjual produknya.
Strategi Promosi
TV,
Radio,
Bioskop,
Website, Sponsor event (olahraga, musik), Membuka stand produk sample, Outlet promosi di tempat
strategis
>> tahap pengenalan produk, penajaman brand dan brand reminder.
5 Agustus 2017 pukul 09.37
Layarkubiru.xyz merupakan situs nonton bokep online. Layarkubiru memiliki film bokep terlengkap dan terupdate. Dalam situs layarkubiru juga tidak hanya menyediakan film bernuansa sex,namun pengunjung juga bisa menonton film yang bertema semi dan action. Website layarkubiru sangat ringan,bahkan bagi anda yang mengakses web layarkubiru dari web mobile juga sangat ringan dan tidak menghabiskan kuota internet anda. Film yang berada ada situs layarkubiru berada pada tempat lain sehingga tidak memberatkan loading situs layarkubiru. Silahkan kunjungi situs www.layarkubiru.xyz jika ingin menonton film yang selalu update. Salam Crott.....