twitter

undefined
undefined

Promosi diartikan sebagai komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa ataupun sebuah proses membagi ide, informasi. Promosi adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi konsumen supaya membeli produk yang dihasilkan ataupun untuk menyampaikan berita tentang produk tersebut dengan jalan mengadakan komunikasi dengan para konsumen yang sifatnya membujuk. 
Tujuan Promosi : membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk, untuk menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial, memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen, untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit, untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan, untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar, membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing dan membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

Jenis Promosi :
1. Informasi dari mulut ke mulut (Word of mouth)
Informasi dari mulut ke mulut merupakan teknik promosi melalui percakapan dari seseorang kepada orang lain untuk menyebarkan informasi dimaksud. Pelanggan sangat dekat dengan penyampaian jasa. Promosi dari mulut kemulut ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis karena murah dan tanpa biaya dan dapat dikatakan sangat efektif.

2. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Pemasaran langsung merupakan bentuk promosi dengan cara memasarkan barang/jasa secara langsung agar mendapat tanggapan secara langsung dari para konsumen. Pemasaran langsung tidak harus bertatap muka secara langsung tetapi pemasaranya ditujukan secara langsung kepada seseorang. Pemasaran langsung ini bisa melalui penggunaan surat, telepon, faksimil,e-mail.

3. Pemasaran langsung mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1    .   Nonpublik: Hanya ditujukan kepada orang tertentu saja seperti pemegang kartu kredit
2    .   Penyesuaian isi pesan: Isi dari informasi diteliti sehingga lebih menarik dan tidak salah sasaran
3    .   Terbaru: Pesan mengikuti tren terbaru
4   .  Terjadi proses interaktif: Apabila orang yang berkaitan melakukan tanggapan maka pesan dapat diubah sehingga infortmasi bersifat interaktif.

Manfaat pemasaran secara langsung antara lain:
1    .      Belanja dapat dilakukan oleh konsumen dirumah sehingga hemat waktu dan biaya transportasi dan lebih nyaman;
2    .      Bagi konsumen mempunyai banyak pilihan melalui katalok yang ditawarkan (online)
3    .      Konsumen dapat memesan barang untuk sendiri dan orang lain;
4    .      Konsumen dapat mempelajari produk sebelum membeli tanpa harus menemui wiraniaga
5    .      Penjual dapat menyesuaikan pesanan sesuai kebutuhan konsumen;
6    .      Pemasaran langsung dapat diatur agar dapat menjangkau konsumen
7    .      Strategi penawaran langsung sulit dilihat oleh pesaing;

4. Iklan (Advertising)
Iklan adalah bentuk presentasi dan promosi non personal atas ide, barang atau jasa oleh sponsor tertentu dengan menggunakan media. Media yang sering digunakan untuk periklanan atau advertising bisa melalui surat kabar, majalah, direct email, televisi, radio, bioskop, papan reklame, car card, lampu-lampu, katalog, telepon. Iklan sering muncul tergantung pada tipe dan daya tarik yang diakibatkan oleh iklan tersebut.
Tipe iklan :

a    .  Price advertising, iklan tipe ini lebih menonjolkan harga yang menarik. Contohnya:” Beli dua dapat tiga”, “Dapatkan kemilau rambut indah hanya dengan  Rp 250”
b   . Brand advertising, maksudnya iklan yang tipenya lebih memberikan penekanan perhatian tentang nama brand kepada pendengarannya. Contohnya:” Yamaha semakin di depan”
     
Apabila menginginkan atau menggunakan media online, akan sangat menguntungkan bagi perusahaan jika menggunakan layanan iklan gratis. Banyak layanan iklan yang menyediakan secara gratis.
Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam penggunaan iklan sebagai berikut:
  1. Iklan mungkin lebih efektif jika perusahaan mengikuti trend
  2. Adanya kesempatan luas untuk direferensiasi produk;
  3. Kualitas yang tersembunyi adalah lawan dari kualitas yang dapat dilihat dan dinilai; 
5. Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Public Relation adalah berbagai program untuk mempromosikan dan melindungi citra perusahaan atau produknya. Daya tarik hubungan masyarakat didasarkan pada tiga sifat khusus:
  1. Kredibilitas yang tinggi: Masyarakat pada umumnya lebih mempercayai gambaran perusahaan dari pada apa yang dilihat pada iklan;
  2. Kemampuan menangkap pembeli yang tidak dibidik sebelumnya: Hubungan masyarakat dapat menjangkau banyak calon pembeli terutama bagi para pembeli yang cenderung menghindari wiraniaga dan iklan;
  3. Dramatisasi: Hubungan masyarakat memiliki kemampuan untuk mendramatisasi suatu perusahaan atau produk. Hal ini dapat membangun kepercayaan publik.
Contoh : sosialisasi, keramahtamahan dengan warga sekitar tempat kita menjalankan bisnis. Masyarakat lebih percaya dengan perusahaan yang dia kenal baik dari pada menyaksikan iklan atau kewiraniagaan.

6. Kewiraniagaan (Personal Selling).
Kewiraniagaa/Personal Selling adalah presentasi langsung dalam suatu percakapan dengan satu atau lebih calon pembeli, untuk mendapatkan penjualan. Tujuan kewiraniagaan adalah :
  1. Mendapatkan pesanan untuk produk itu;
  2. Membuat agar pengecer aktif mempromosikan produk itu ditempat penjualannya;
  3. Membuat grosir (wholesaler) bekerja sama dengan pengusaha (manufacturer) untuk aktif menjual produk.
Dalam memilih metode promosi berupa personal selling atau kewiraniagaan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:
  1. Bagaimana Merekrut dan memilih wiraniaga dengan kaliber yang dikehendaki;
  2. Bagaimana melatih para wiraniaga baru sehingga mereka dapat melaksanakan fungsi mereka secara efektif;
  3. Metode gaji/imbalan apa yang akan dipakai;
  4. Bagaimana mengawasi orang–orang ini sehingga mereka memanfaatkan dengan sebaik–baiknya kesempatan–kesempatan yang ada didaerah mereka;
  5. Bagaimana menentukan wilayah di mana orang–orang beroperasi,

7. Promosi Konsumen (Hadiah, Perlombaan dan Penawaran Kombinasi)
Promosi konsumen adalah alat praktis jangka pendek yang bertujuan untuk merangsang tanggapan segera ditempat pembelian. Jika ia digunakan untuk mempromosikan contoh paksaan (forced sampling) dari suatu produk baru, manfaat jangka panjang memang mungkin dapat diraih. Dan jika ia digunakan dalam promosi dari merek yang sudah tekenal dan sudah mapan (established brands), peningkatan porsi pasarnya (share of market) biasanya hanya bersifat sementara.

8. Promosi Dealer/Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Sales Promotion merupakan bentuk promosi selain iklan, personal selling yang memiliki berbagai kegiatan. Promosi penjualan meliputi jenis iklan, etalase dan pameran interior, demonstrasi produk, perlombaan konsumen, pemberian hadiah, penggunaan kombinasi penawaran.

9. Pameran dan Eksibisi
Pameran merupakan suatu bentuk usaha jasa pertemuan yang mempertemukan antara produsen dan pembeli namun pengertian pameran lebih jauh adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli. Adapun macam pameran itu adalah : show, exhibition, expo, pekan raya, fair, bazaar dan pasar murah. Ruang untuk setiap peserta pameran disebut stan atau boat yang dibagikan dan diatur oleh panitia penyelenggara.'

Pameran mempunyai manfaat antara lain:

1    .      Memperkenalkan produk baru
Dalam hal ini penjaga pameran bereaksi terhadap perkembangan reaksi pengunjung pameran dari bentuk respon sekecil apapun, jika perlu pancing reaksi baik ucapan, penolakan,
2    .      Memperkenalkan produk hasil modifikasi
Modifikasi adalah inovasi dalam bisnis. Harapannya adalah modifikasi suatu produk dapat memberikan manfaat baru atau manfaat tambahan dari pada sekadar produk sebelumnya yang belum dimodifikasi.
3    .      Memperkuat Citra perusahaan
Suatu perusahaan yang telah berdiri selama beberapa tahun dan telah mempunyai pelanggan, maka akan sangat bermanfaat jika melakukan pameran atas produk-produknya, terutama produk baru.
4    .      Mengumpulkan informasi pesaing
Dalam pameran biasanya diikuti oleh beberapa perusahaan baik yang sejenis maupun bermacam-macam tergantung pameran itu sendiri.
5    .      Menguji penjualan anda saat pameran
Pameran bisa digunakan sebagai cermin dari hasil penjualan jangka pendek. Keberhasilan jangak panjang dapat diuji dengan keberhasilan jangka pendek.
6    .      Menguji SDM dan kekuatan teamwork
Dalam pameran kekuatan teamwork perusahaan sangat diuji, misalnya saat banyak pengunjung yang datang. SDM itu bisa saja dari tim marketingnya atau produk.

Dalam bisnis apapun, penting untuk memiliki sarana untuk promosi. Sebuah bisnis baru tidak akan dapat dikenali oleh para pelanggannya jika pemilik bisnis tersebut tidak melakukan promosi apapun untuk memperkenalkan merk dagangnya ke masyarakat luas. Masyarakat adalah pasar, sehingga semakin banyak anggota masyarakat tahu dan mengenal merk dagang tersebut, maka makin banyak pula kesempatan perusahaan tersebut untuk menjual barang produksi atau jasa mereka.
                               
Payung promosi adalah salah satu alat promosi yang banyak ditemui. Didukung oleh cuaca tropis yang dimiliki oleh Indonesia, masyarakat Indonesia akan selalu memanfaatkan payung baik di musim penghujan maupun musim kemarau. Hal ini menyebabkan produk anda selalu terpampang dan mengingatkan masyarakat untuk menjadi pelanggan anda.
Anda dapat memberikannya secara cuma-cuma sebagai hadiah produk, meminta masyarakat untuk membeli sebagai bonus paket produk, memberikannya kepada penjual produk anda sebagai bonus atau malah diberikan sebagai sarana untuk mempercantik toko penjual produk anda, dan berbagai strategi lainnya.
                                    
Alat-alat Promosi Penjualan
Alat-Alat promosi penjualan menurut Kotler dan Amstrong (2004:662-666) adalah sebagai berikut:
1.      Contoh produk (sample) adalah tawaran produk sejumlah tertentu produk untuk percobaan
2.    Kupon adalah kertas yang diberikan kepada pembeli ketika mereka menggunakan produk yang sudah ditentukan menjadi setengah harga.
3.      Tawaran pengembalian uang (rabat) seperti kupon kecuali pengurangan harga terjadi setelah pembelian bukannya di gerai eceran.
4.    Kemasan dengan harga potongan (price packs) menawarkan kepada konsumen penghematan dari harga regular produk. Potongan harga diberikan oleh produsen secara  langsung dan ditempel dilabel atau kemasan.
5.     Bingkisan (premium) adalah barang yang ditawarkan secara gratis atau dengan harga rendah sebagai insentif untuk membeli produk, yang berkisar mulai dari mainan yang dimasukan kedalam produk anak-anak sampai kartu telepon, compact disc, dan CD-ROM computer.
6.   Barang iklan khusus (advertising specialties) adalah barang yang berguna yang dicetaki nama pemasang iklan yang diberikan sebagai hadiah kepada konsumen. Barang khusus tersebut mencakup pena, kalender, gantungan kunci, korek api, tas belanja, T-Shirt
7.    Hadiah pelanggan (patronage reward) adalah uang tunai atau hadiah lain yang ditawarkan atas penggunaan regular produk atau jasa tertentu perusahaan.
8.   Promosi dititik penjualan (point-of-purchase-POP) mencakup pameran dan demonstrasi yang terjadi dititik pembelian atau penjualan.
9. Kontes, undian berhadiah dan permainan (contests, sweeptakes, and games) memberi kesempatan kepada pelanggan untuk memenangkan sesuatu, seperti uang tunai, perjalanan, barang
10.  Diskon langsung (allowance) biasanya potongan yang besar perbungkus sebagai imbalan atas kesepakatan pengecer karena menampilkan produk pabrikan dalam cara tertentu
11.  Tunjangan adalah Uang promosi yang dibayarkan oleh pabrik kepada pengecer sebagai imbalan atas kesediaan pengecer menampilkan produk pabrik dalam cara tertentu.
12.  Kontes penjualan (sales comtest) dalah kontes bagi tenaga penjualan atau dealer untuk memotivasi peningkatan penjualan mereka selama satu periode tertentu.

Bauran promosi

a. Periklanan
unsur periklanan:
1) Presentasi umum; Banyak pihak menerima pesan yang sama dan motif pembelian telah diketahui serta dimaklumi oleh umum.
2) Tersebar secara luas; penjual mengulang pesan berkali-kali, menerima dan membandingkan pesan dari kompetitor.
3) Ekspresi yang lebih kuat; dramatisasi terhadap produk dan perusahaan itu sendiri terbuka untuk dilakukan melalui media percetakan
4) Tidak bersifat personal; konsumen tidak dipaksa harus membeli karena komunikasi yang terjadi bersifat monolog.

b. Promosi penjualan
Manfaat promosi penjualan :
1) Komunikasi; promosi penjualan biasanya menarik perhatian dan memberikan informasi yang diharapkan dapat mengarahkan konsumen untuk membeli produk bersangkutan.
2) Insentif; bentuk promosi penjualan memadukan sejumlah unsur kebebasan, dorongan, atau kontribusi yang diarahkan untuk memberi nilai tambah bagi konsumen.
3) Ajakan; promosi penjualan merupakan ajakan agar transaksi penjualan dapat terjadi saat itu juga.
4) Responsif; promosi penjualan dapat dilakukan ketika terjadi peristiwa-peristiwa khusus yang dapat dimanfaatkan perusahaan dalam menjual produknya.

Strategi Promosi
TV, Radio, Bioskop, Website, Sponsor event (olahraga, musik), Membuka stand produk sample, Outlet promosi di tempat strategis
>> tahap pengenalan produk, penajaman brand dan brand reminder.

2 komentar:

  1. Layarkubiru.xyz merupakan situs nonton bokep online. Layarkubiru memiliki film bokep terlengkap dan terupdate. Dalam situs layarkubiru juga tidak hanya menyediakan film bernuansa sex,namun pengunjung juga bisa menonton film yang bertema semi dan action. Website layarkubiru sangat ringan,bahkan bagi anda yang mengakses web layarkubiru dari web mobile juga sangat ringan dan tidak menghabiskan kuota internet anda. Film yang berada ada situs layarkubiru berada pada tempat lain sehingga tidak memberatkan loading situs layarkubiru. Silahkan kunjungi situs www.layarkubiru.xyz jika ingin menonton film yang selalu update. Salam Crott.....

  1. Infonya bermanfaat banget, makasih ya.
    Oh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Syncronize untuk keperluan event atau lainnya bisa coba menghubungi kami dari Arthur Teknik.

    Terima kasih ya min.
    Salam blogger.

Posting Komentar