undefined
undefined
undefined
PENGEMBANGAN RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. PENGERTIAN
RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran
untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan
dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas
mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau
beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi
ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
B. LANDASAN
PENGEMBANGAN RPP
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 20:
“Perencanaan proses pembelajaran
meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya
tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan
penilaian hasil belajar”.
C. KOMPONEN
RPP
a) Kolom
Identitas Mata Pelajaran
b) Standar Kompetensi
c) Kompetensi Dasar
d) Indikator
Pencapaian Kompetensi
e) Tujuan
Pembelajaran
f) Materi Ajar (Materi Pokok)
g) Materi/Kompetensi Prasyarat
h) Alokasi Waktu
i) Metode Pembelajaran
j) Kegiatan Pembelajaran
k) Penilaian
l) Sumber Belajar
D. LANGKAH-LANGKAH
MENYUSUN RPP (STANDAR PROSES 2007)
1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran, yang meliputi:
a. Satuan Pendidikan;
b.
Kelas/Semester;
c. Mata Pelajaran/Tema Pelajaran;
d. Jumlah Pertemuan.
2. Menuliskan Standar Kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada
setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran. Pada bagian ini
dituliskan standar kompetensi mata pelajaran, cukup dengan cara mengutip pada
standar isi atau silabus pembelajaran yang telah dibuat guru.
3. Menuliskan
Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik
dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi
dalam suatu mata pelajaran.
Pada bagian ini dituliskan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik
setelah proses pembelajaran berakhir, cukup dengan cara mengutip pada standar
isi atau silabus pembelajaran yang telah dibuat guru.
4. Menuliskan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi
untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan
penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan
menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup
pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Indikator pencapaian hasil belajar
dikembangkan oleh guru denganmemperhatikan perkembangan dan kemampuan setiap
peserta didik. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi dua atau
lebih indikator pencapaian hasil belajar dan disesuaikan dengan keluasan dan
kedalaman kompetensi dasar tersebut. Indikator dikembangkan oleh guru sekolah
sesuai dengan kondisi daerah dan sekolah masing-masing.
5. Merumuskan
Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan
dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang telah
ditentukan. Tujuan ini difokuskan tergantung pada indicator yang dirumuskan
dari SK dan KD pada Standar Isi mata pelajaran fisika yang akan dipelajari
siswa.
6. Materi
Ajar
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yangrelevan, dan
ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian
kompetensi.
7. Menuliskan
Materi Prasyarat
Materi Prasyarat ini merupakan materi atau kompetensi yang harus sudah dimiliki
atau dikuasai siswa yang berkaitan dengan materi atau kompetensi yang akan
dipelajari. Dalam pembelajaran fisika, materi prasyarat ini sangat perlu,
karena dalam pembelajaran fisika tertentu antara materi satu dengan yang lain
saling berkaitan satu sama lain. Pada proses pembelajaran, kompetensi ini dapat
diukur melalui kegiatan pendahuluan.
8. Alokasi
Waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban
belajar.
9. Menentukan
metode pembelajaran yang akan digunakan
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan
proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau
seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran
disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik serta karakteristik dari
setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
10. Merumuskan
kegiatan pembelajaran
a. Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang
ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik
untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Pada pendahuluan ini
secara garis besar dapat memuat hal-hal sebagai berikut.
1) Deskripsi singkat;
Deskripsi singkat adalah penjelasan singkat (secara global) tentang isi
pelajaran yang berhubungan dengan kompetensi yang diharapkan. Hal ini
dimaksudkan agar pada permulaan kegiatan belajarnya, siswa telah mendapat
jawaban secara global tentang isi pelajaran yang akan dipelajari.
2) Relevansi;
Relevansi adalah kaitan isi pelajaran yang sedang dipelajari dengan pengetahuan
yang telah dimiliki siswa atau dengan pekerjaan yang dilakukannya sehari-hari.
Dalam hal ini dapat juga dengan mengingatkan kembali materi prasyarat
(apersepsi).
3) Tujuan/kompetensi;
Tujuan adalah kemampuan atau kompetensi yang akan dicapai siswa pada akhir
proses belajarnya.
4) Penjelasan tentang
pembagian kelompok dan cara belajar.
b. Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan
pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang,
memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang
yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat,
minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan inti ini
dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi,
dan konfirmasi. Pada kegiatan inti ini siswa mendapat fasilitas atau bantuan
untuk mengembangkan potensinya secara optimal. Pada kegiatan inti secara garis
besar berlangsung hal-hal berikut.
1) Memulai pembelajaran dengan
mengajukan masalah (soal) yang nyata (riil) bagi siswa sesuai dengan pengalaman
dan tingkat pengetahuannya, sehingga siswa segera terlibat dalam pelajaran
secara bermakna;
2) Permasalahan yang diberikan
tentu harus diarahkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam
pembelajaran;
3) Siswa mengembangkan model-model
simbolik secara informal terhadap persoalan/masalah yang diajukan;
4) Pembelajaran berlangsung
secara interaktif, dimana siswa menjelaskan
dan memberikan alasan terhadap jawaban yang diberikannya, memahami jawaban
temannya (siswa lain), menyatakan setuju atau ketidaksetujuannya, dan mencari
alternatif yang lain.
c. Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas
pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan,
penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut, yaitu seperti berikut.
1) Penarikan kesimpulan dari apa-apa yang telah dipelajari dalam pembelajaran
sesuai tujuan yang akan dicapai;
2) Melakukan refleksi terhadap setiap langkah yang ditempuh atau terhadap hasil
pembelajaran;
3) Pemberian tugas atau latihan.
11. Penilaian
Hasil Belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan
indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
12. Menentukan
Media/Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi
dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompetensi. Pada bagian ini dituliskan semua media/alat/bahan/sumber belajar
yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung.
E. CONTOH
FORMAT RPP MENGACU PADA STANDAR PROSES
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan
: …
Kelas/Semester
: …
Mata Pelajaran
: …
Jumlah Pertemuan
: …
A.
Standar Kompetensi
: …
B.
Kompetensi Dasar
: …
C.
Indikator
: …
D.
Tujuan Pembelajaran
: …
E.
Materi Ajar
: …
F.
Metode Pembelajaran
: …
G.
Alokasi Waktu
: …
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
: …
2. Inti
: ...
3. Penutup
: …
I.
Penilaian Hasil Belajar
: …
J.
Media/Alat/Bahan/Sumber Belajar : …